7 Cara Jitu Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

By | February 3, 2018

Sudah menjadi bahasan umum ketika bisnis startup menjadi salah satu jenis bisnis yang banyak ditekuni oleh generasi muda. Hal ini tentunya tak jauh dari alasan dimana anak mudalah yang kini memiliki akses lebih banyak pada penggunaan teknologi masa kini. Dan bisnis startup adalah jenis bisnis yang bergerak di bidang pemanfaatan teknologi.

Jika biasanya dalam sebuah bisnis memiliki konsep dan fokus utama untuk menjual produk atau jasa, maka dalam bisnis startup yang dijual berbeda. Yang mereka tawarkan adalah pemecahan masalah yang cukup sering ditemui dalam masyarakat dengan menggunakan pemanfaatan teknologi secara maksimal. Dan jenis bisnis seperti ini sangat cocok untuk anak muda atau pebisnis pemula yang menyukai tantangan karena dalam bisnis ini dibutuhkan keuletan, inovasi dan kreasi tinggi. Mudah untuk sukses namun mudah juga untuk gagal. Disitulah seni berbisnis startup.

Cara Jitu Untuk Memulai Bisnis Startup Khusus Untuk Pemula

Nah melihat banyaknya pebisnis startup yang mendapatkan kesuksesan meski berusia masih sangat muda menjadikan banyak anak muda pun tertarik untuk menjalani bisnis ini. Lalu apa saja cara jitu yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis ini terutama bagi para pemula? Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

  • Bulatkan niat dan tekad

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membulatkan tekad dan niat untuk memulai bisnis startup. Bahwa Anda siap dengan segala konsekuensinya termasuk penyediaan dana untuk modal memulai bisnis startup. Anda pun harus siap dengan segala hal yang bisa terjadi pada usaha tersebut serta mencurahkan semua daya pikir dan tenaga Anda untuk memulai bisnis ini secara total. Untuk memulai bisnis startup yang dibutuhkan pertama kali adalah website. Karena produk dari bisnis startup adalah berupa produk berbentuk aplikasi. Maka buatlah website yang menarik perhatian pengguna internet sehingga memiliki traffic tinggi. Dalam internet jika sebuah website memiliki traffic yang lumayan tinggi maka bisa disebut sebagai website dengan SEO yang bagus dan terpola dengan baik.

2 Lakukan survey

Kemudian langkah yang kedua adalah dengan melakukan survey produk digital yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Saat ini ada banyak sekali produk digital berbentuk aplikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk dipakai dalam ponsel cerdas mereka. Kebanyakan adalah produk digital berupa aplikasi yang digunakan untuk membantu kegiatan harian agar lebih mudah dan cepat diselesaikan.

3 Aktif membuat aplikasi

Ketika terjun ke bisnis startup tentunya Anda juga harus siap untuk selalu memiliki ide membuat aplikasi terbaru. Jadi fokusnya adalah menjadi pembuat aplikasi bukan penikmat aplikasi. Untuk dapatkan ide Anda bisa selalu mencari berita terbaru tentang jenis aplikasi terbaru yang baru saja dikembangkan.

4 Pilih jenis startup

Apakah startup yang bergerak di bidang edukasi, bisnis perdagangan hingga informasi. Saat ini yang paling laris adalah jenis startup yang bergerak di bidang pendidikan, perdagangan dan informasi. Untuk pendidikan lebih karena banyak anak dan orang tua yang ingin mendapatkan kemudahan belajar dengan menggunakan smartphone. Sedangkan startup perdagangan lebih cenderung untuk menjadi peluang bisnis yang mudah dilakukan oleh masyarakat kekinian.

5 Buat tim kerja

Ada pepatah bahwa 10 kepala lebih baik dari 1 kepala. Hal itu menunjukkan bahwa kerja sama tim akan menghasilkan kesuksesan bersama yang lebih baik. Buatlah tim yang solid dan kreatif. Jalin kerja sama dan komunikasi yang baik agar tim bisa berjalan bersama dan saling melengkapi.

6 Gabung di komunitas pemilik startup

Agar supaya pengalaman dan pengetahuan Anda seputar bisnis startup terus bertambah dan tidak stagnan di satu tempat maka akan sangat bermanfaat jika Anda ikut bergabung dengan komunitas pemilik startup. Di dalam komunitas tersebut selain Anda bisa mendapatkan manfaat berupa menambah relasi kerja juga menambah informasi terbaru yang bisa Anda dapatkan seputar bisnis startup.

7 Kenali masalah atau kendala

Dalam setiap bisnis pasti akan ada masalah atau kendala yang ada. Maka jika Anda sudah mulai melihat adanya gejala masalah terjadi segera analisis dan cari solusi nya. Penanganan yang cepat dan tepat akan membuat bisnis startup Anda tetap terjaga dengan baik dan berjalan sebagaimana mestinya. Dan hal itu juga akan memperkaya pengalaman bisnis Anda serta memperkuat pondasi bisnis yang Anda rintis.

Bagaimana Cara Membuat Tim Kerja Yang Solid?

Banyak usaha atau bisnis startup yang gagal hanya karena tak memiliki tim kerja yang solid. Padahal tim kerja menjadi faktor penentu sebuah bisnis startup bisa berjalan dengan baik. Berikut beberapa langkah membuat tim yang solid untuk bisnis startup Anda. Yang pertama adalah dengan membuat tim yang memiliki visi misi yang kurang lebih sama, tujuan yang sama, ada kecocokan antara satu sama lain, dan cari yang bisa saling melengkapi. Untuk mendapatkan tim ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama dan pertimbangan yang serius.

Setelah tim terbentuk, segera buat perjanjian hitam di atas putih. Hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak kasus pertikaian dalam bisnis startup yang saling mengklaim kepemilikan satu sama lain. Segera buat peraturan dan hal yang mengatur tentang hak dan kewajiban tim agar supaya usaha bisa berjalan sesuai dengan rencana. Rencanakan dengan baik dari mulai menentukan ide produk digital, cara marketing hingga pengembangan bisnis yang akan dilakukan. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk kemajuan bisnis startup yang Anda rintis. Sekian semoga bermanfaat untuk Anda.

Share